Minggu, 14 Oktober 2012

Robot


Cara Sederhana Membuat Expert Advisor

Salam Trader,

Malam ini saya akan memberikan pengenalan Expert Advisor MT4. Tapi sebelumnya saya harus yakinkan dulu bahwa Anda tahu "Expert Advisor".
Expert Advisor (EA) adalah sistem atau strategi trading yang dapat dilakukan secara otomatis pada platform MetaTrader 4 atau sering kita sebut "Robotic Trading". EA ini dapat dibuat oleh siapapun, mulai dari yang sederhana hingga EA yang sangat rumit asalkan tahu bahasa pemrograman komputer.

Tapi jangan khawatir , tidak terlalu sulit koq. Semua orang bisa belajar sendiri atau otodidak. Mungkin hanya sedikit utak-atik, coba-coba, lihat perbedaan tampilan setelah merubah EA yang sudah ada, Anda semua pasti bisa. Saya sendiri pun belajar sendiri. Awalnya sempat bete lihat kode-kode bahasa pemrograman, tapi ternyata sangat mudah dimengerti apalagi ada tutorial di tab Help.

Gambar diatas adalah tampilan awal Default nya file EA dan belum terisi apapun. Bagaimana cara mengisinya?
STOP!!! Sebelum Anda mulai mengutak-atik Program EA Anda, sebaiknya Anda memiliki atau menentukan hal-hal berikut :
1. Strategi Trading yang selalu menguntugkan bila dilakukan Manual.
2. Strategi Anda cocok untuk pair currency apa? GU, UJ, EU ataukah lainnya? Fokus pada satu pasangan mata uang dulu.
3. Strategi Anda cocok di TimeFrame mana? M5, M30, H1, H4, Daily ? Setiap orang berbeda style.
4. Mengenali broker Anda : Spread, keadaan Hattick, kondisi downtime, letak server broker Anda sehingga dapat menentukan kecepatan eksekusi dari PC Anda dan info lainnya mengenai broker yang Anda gunakan.

Setelah Anda memiliki 4 informasi diatas, Saya yakinkan Anda bisa menjadi Milyuner dalam waktu cepat. Di sinilah tujuan kita membuat program EA. Menerjemahkan Trading Manual kita menjadi Trading Otomatis. Atau kita juga bisa me-modifikasi Indikator trading menjadi Custom Indicator.

Beberapa teman yang bekerja di perusahaan Futures termasuk Forex, memiliki banyak sekali indikator sebagai patokan atau pedoman trading. Sesekali mereka yakin bahwa indikator yang digunakan tepat, tapi tidak juga indikator yang sama juga menyebabkan kerugian.
Pernah saya browsing berkeliling melihat-lihat website tetangga yang menawarkan analisa dengan menampilkan grafik yang sudah berisi Indikator yang sepertinya Canggih. Tapi apakah Indikator tersebut selalu membawa keuntungan bagi kita? Anda ragu menjawabnya. Wajar saja, Anda tidak sendiri.
Karena hal inilah , seorang trader harus menemukan caranya sendiri, indikator yang sesuai dengan caranya tersebut, dan kenyamanan trading sendiri. Menjadikan mereka berkreasi me-modifikasi indikator yang sudah ada.

Sebelum kita lanjut, Anda temukan 4 informasi diatas, saya mau lanjutkan pekerjaan lainnya...

Happy trading to you All, Trader
Mari Kita Sukses Bersama

1 komentar: